pengalaman waktu sma

Masa putih abu abu, yaitu masa disaat saya menempuh pendidikan ketingkat yang lebih tinggi.masa itu saya baru mengenal teman teman baru saya. menerutku masa itulah yang membedakan saya saat di SD dan SMP. menurutku yang membedakan masa sd dan smp adalah tentang pelajarannya dan juga pergaulannya.kalau saat di SD, dari kelas satu sampai kelas enam temannya cuma itu itu aja,semenjak masuk sma saya sudah lebih mengenal banyak teman dan melihat sesuatu  hal yang lebih luas dibandingkan saat di SD Dan SMP.

Diterima di sekolah faforit saya, saya masuk di sekolah SMKN 1 Sudimoro yang letaknya di jalan raya trenggalek pacitan, atau yang lebih tepatnya didekat PLTU Pacitan.

Masa Orientasi Siswa

Sebelum tahap pelajaran dimulai, semua siswa wajib mengikuti MOS (masa orientasi siswa).disitulah saya mulai mendapatkan banyak kenalan teman baru. selain mendapatkan teman baru siswa harus diwajibkan mengenal lingkungan sekolah. masa orientasi siswa berlangsung selama satu minggu. dan semua siswa diwajibkan memilih ekstra kulikuler yang disediakan oleh pihak sekolah,ekstrakulikuler tersebut adalah:

  1. bola voly
  2. sepak bola
  3. sepak takrow
  4. drumband
  5. paskibra
  6. PMR (palang merah remaja)
  7. pramuka

Di situ banyak kenangan dan kesan yang saya dapatkan ketika menjalani masa orientasi siswa tersebut.

Mulai Belajar

Setelah masa orientasi siswa selesai baru semua siswa memilih jurusan yang mereka sukai. saat itu saya memilih jurusan teknik instalasi tenaga listrik, dan yang menjadi wali kelasnya adalah Bu sunarti.

alasan saya masuk kelas teknik instalasi tenaga listrik adalah saya tertarik dengan jurusan itu yang cuma satu satunya yang ada di kabupaten pacitan.

Mulai Nakal

saat itu hanya sebagian orang yang saya kenal yang berasal satu sekolah sama saya dulu dan teman yang ada disekitar lingkungan saya. tapi lama kelamaan saya sudah mulai mengenal teman teman baru saya. Selama kelas 10 saya baru menyesuaikan diri dengan teman teman dan lingkungan sekolah baru saya. saat itu saya sudah mengenal wanita.

pada kelas 11 saya sudah terbiasa dengan lingkungan sekolah, saat itu saya sudah sering sekali bolos sekolah dan datang terlambat.

masa itu adalah masa di mana saya saat nakal nakalnya, saya sering nongkrong bareng teman saya di kantin saat jam pelajaran dimulai, telat sat upacara bendera, kadang kadang jam 9 saya pulang duluan sama temen saya bila tak ada jam pelajaran, waktu itu saya sering di panggil Bp sama temen temen saya karena perbuatan yang telah kita lakukan, namun itu hanyalah sebuah teguran biasa menurut saya.

Kerena perbuatan itu sering saya lakukan bersama teman saya, lalu saya dan teman saya di panggil kepala sekolah, kalau tidak bisa mengikuti peraturan sekolah lebih baik keluar dari sekolahan, setelah itu saya merasa bersalah dan baru menyadari kelakuan dan perbuatan yang sya lakukan itu salah, banyak hal di masa smk yang menyenangkan buat saya,selain bisa berkumpul sama temen kami juga bisa saling berbagi cerita saat masa masa smp kita dulu.

Persiapan Lulus

Pada saat kelas 12, dimana masa yang paling efektif untuk belajar, selain banyak ujian dan tugas yang lainnya yang harus saya hadapi, tapi semua itu tak perlu saya pikir terlalu berat, saat kelas 12 saya sering bolos sekolah lagi, apalagi saat jam mata pelajaran yang sangat membosankan. apalagi kelas 12 harus mengikuti les yang diadakan di sekolah yang wajib di ikuti oleh semua siswa kelas 12, namun hal itu tak terlalu saya pikirkan karena banyak temen saya yang tidak mengikuti les.

Masa itu les dimulai pukul 1 sampai pukul 4 sore, itulah yang membuat saya tidak mau mengikuti les,selain rumah yang jauh yang menjadi penyebanya. waktu ujian pun tiba, saya belajar dengan tekun supaya bisa lulus dan mendapatkan nilai yang baik, ujian pun berjalan dengan lancar tanpa ada masalah sedikit pun walaupun ada sedikit pelajaran yang kurang saya mengerti, selain itu kami tidak bisa mencontek satu sama lain karena soalnya yang berbeda beda dan mengunakan komputer. namun semua itu tak masalah bagi saya yang terpenting semua soal telah terjawab semua.

Setelah itu kami boleh masuk sekolah atau tidak karena ujian telah berlangsung dan kami hanya menunggu hasilnya saja.setelah 2 minggu kemudian baru ada pengumuman dari sekolah katanya cuma 5 orang anak saja yang tidak lulus, setelah pengumuman itu selesai saya dan 4 teman saya baru datang untuk melihat hasil pengumuman itu, katanya saya dan ke 4 teman sya tidak lulus karena tidak mendapat surat keterangan sementara.

lalu saya dan teman saya bingung, bagaimana ini kalau tidak lulus, terus kami tanya pada guru guru disekolah,katanya suratnya dibawa oleh wali kelas, namun setelah ditanyakan suratnya tidak ada, saat itu kami menunggu selama kurang lebih 15 menitan untuk mendapatkan surat keterangan itu, setelah 15 menit berlalu baru mandapatkan surat itu, dan semua siswa kelas 1,2 dan 3 yang sudah mendapatkan surat keterangan lulus itu disuruh berkumpul di depan kelas untuk melihat kami lulus atau tidak.

sebelum kami mendapatkan surat keterangan itu kami disuruh berlari memutari lapangan sekolah sekitar kurang lebih 6 kali,setelah itu kami di suruh membuka surat tersebut, katanya kalau lulus di suruh sujud,dan akhirnya saya dan ke 4 teman saya lulus, lalu kami bersujud, namun apa yang terjadi kami malah di bikin malu sama guru dan teman teman yang lain, saat kami sujud, kami malah disiram air oleh teman teman yang lain.

saat itu saya dan teman saya sangat malu karena ditertawakan oleh adik kelas dan guru guru yang menyaksikan. namun semua itu tak masalah bagi saya, karena yang terpenting saya bisa lulus dan mendapatkan nilai lumayan baik lah, menurut saya masa masa itulah yang tidak bisa saya lupakan sampai saat ini,selain bolos bareng, saling memberikan jawaban satu sama lain saat ulangan, dihukum bareng tetapi kami tidak pernah ada rasa takut sedikitpun dan tetap membela satu sama lain.

selain memberikan kesan dan pengalaman yang menyenagkan bagi saya,dimulai dari berpikir yang positif hinga kami tau apa yang baik, benar dan salah buat kami, namun semua hal itu sudah tidak dapat terulang kembali karena kami sudah memiliki kesibukkan sendiri sendiri, kadang hanya lewat media sosial kami saling berhubungan satu sama lain itu pun kalu kami punya paketan data.

nah itulah pengalaman saya waktu saya duduk di bangku smk yang sampai saat ini tidak bisa saya lupakan

Leave a Comment