Meniti Perjalanan dan Karier Elon Musk

3 min read

elon musk

Membaca biografi orang-orang sukses tentunya ada sensasi tersendiri. Di situ kamu bisa merasakan secara langsung pengalaman dan pelajaran orang-orang sukses tersebut. Dengan sering-sering membaca biografi orang sukses, secara tidak langsung otak kamu akan terprogram memiliki mindset seperti orang tersebut.

Salah satu biografi orang sukses yang ingin aku bahas di sini adalah Elon Musk. Menurut saya dia saat sekarang ini bisa disandingkan dengan 2 tokoh teknologi yang legenda; Bill Gates dan Steve Jobs.

Berikut beberapa sekilas kehidupan dan prestasi dia yang patut untuk diapresiasi

  1. Lahir dan besar di Afrika Selatan
  2. Belajar Pemograman secara otodidak
  3. Pendiri Zip2
  4. Pendiri Paypal
  5. Membangun roket dari awal
  6. Merintis SpaceX dan Tesla
  7. Mengirim manusia ke Mars

Berikut ini jabaran lebih lengkapnya mengenai kehidupan dan perjalanan kariernya.

Lahirnya Elon Musk

Elon Musk lahir pada tanggal 28 Juni 1971 di Afrika Selatan. Ayahnya sendiri berprofesi sebagai Enjiner sedangkan Ibunya adalah seorang model.

Sejak kecil Elon Musk telah menunjukan kejeniusan dan ketekunannya pada ilmu pengetahuan khususnya teknologi. Terbukti dia memiliki kebiasaan membaca buku selama 10 jam per hari diusianya yang masih 7 tahun. Bahkan ketika umurnya 8 tahun dia sudah melahap semua buku yang ada di perpustakaan, bahkan seluruh ensiklopedia Britania sudah ditamatkan.

Ketika umurnya 9 tahun, kedua orang tuanya memutuskan untuk bercerai. Elon pun lebih memilih tinggal bersama ayahnya dibandingkan ibunya.

Korban Bully

Elon Musk sendiri pernah menjadi korban bully ketika masih berada di bangku sekolah dasar. Pernah ada kejadian dia didorong dan jatuh ke tangga.

Pembelajar yang Otodidak

Elon musk adalah orang yang ambisius, terbukti dia mampu mempelajari BASIC yang mana pelajarannya memerlukan waktu 6 bulan untuk menuntaskannya, namun Elon mampu merampungkannya hanya dalam waktu 3 hari saja.

Berkat ketekunannya tersebut, akhirnya Elon Musk mampu menulis kode dan membuat video game Blastar, dan mampu menjualnya dengan harga 500 dolar.

Seorang Visioner

Dengan pengalamannya dan buku banyak yang dia habiskan, dia merenungkan cita-citanya kedepan. Akhirnya dia menentukan misi kehidupannya yaitu menyelamatkan kehidupan manusia.

 Mendapatkan Kewarganegaraan Kanada

Karena ibunya berada di Kanada, Elon mendapatkan kewarganegaraan Kanada melalui ibunya yang kebetulan juga pindah ke Amerika.

Akhirnya pada umurnya yang 17 tahun dia pindah ke Kanada. Dengan bermodal ketekatan dia menjalani kehidupan di Amerika. Bekerja secara serabutan, dan tinggal bersama sanak saudara.

Bahkan dia pernah menjalani pekerjaan untuk menyekop kotoran wc di ruang boiler dengan bayaran 18$ per jam.

Pada umurnya yang 18 tahun dia memulai kuliahnya di kota Ontario.

Pernah juga dia melihat tawaran pekerjaan di bank. Dia mencoba keberuntungannya tersebut. Pada akhirnya direktur bank tersebut meresponnya dan menawarkan pekerjaan magang.

Dia bekerja dengan sangat serius dan menunjukkan kegeniusannya dalam bekerja, namun dia diremehkan karena pernah menggunakan mesin kopinya direktur.

Dia kemudian berganti pekerjaan yang lain. Dia mencoba keberuntungannya dengan menjual komputer dari kamar asramanya.

Setelah lulus mendapatkan gelar s1nya dia menjalani 2 pekerjaan magang yaitu sebagai anggota ultracapacitors research dan pembuat video games.

Ketika hendak melanjutkan gelar Phdnya dia berhenti di tengah jalan tepat ketika 2 hari kuliah. Alasan dia meninggalkan kuliahnya tersebut yaitu karena ingin membangun startupnya sendiri bersama saudaranya.

Berbekal modal dari sang ayah dia merintis Zip2. Bekerja sangat luar biasa keras, untuk masalah koding dia menghandle semuanya, bahkan dia tidur di kantornya selama 3 bulan.

Seiring waktu perusahaannya tersebut menjadi besar dan pada akhirnya mendapatkan pendanaan pertama sekitar 3 juta dolar. Akan tetapi tidak lama setelah itu posisi dia langsung digantikan oleh investor dengan orang lain dan jabatannya yang semula adalah CEO turun menjadi CTO.

Di tahun 1999 karena yakin akan teori cash keras, dia akhirnya menjual perusahannya, dari penjualannya tersebut dia mendapatkan dana 22 juta.

Cash keras berbicara, dengan modalnya yang melimpah tersebut, dia kemudian membangun sebuah bank online yang dinamakan dengan x.com. Sama seperti manusia lainnya, dia juga tergoda untuk membeli mobil mewah Mclaren F1 seharga 1 juta dolar, namun tidak lama kemudian mobilnya rusak karena kecelakaan.

Cikal bakal Paypal

Tahukah kamu paypal? ada cerita menarik disini.

Perusahaan bank online yang dia didirikan tersebut mendapatkan pesaing. Pesaingnya tersebut adalah perusahaan yang bernama Confinity. Mereka bersaing untuk mendapatkan customers sebanyak-banyaknya.

Skenario pun terjadi, akhirnya kedua perusahaan tersebut melakukan merger, dan  berganti nama menjadi Paypal.

Selama menjalankan perusahaan yang bernama Paypal tersebut dia sering berseteru dengan CTO terkati penggunaan sistem operasi mana yang terbaik, apakah menggunakan Linux atau Windows PC. Karena perseteruan tersebut tepat ketika sedang berbulan madu dia ditendang dari jabatannya sebagai CEO.

Kendati demikian, dia menginvestasikan lebih banyak uang lagi ke perusahaan Paypalnya tersebut.

Menjalin Cinta

Perjalanan kehidupan cinta Elon Musk cukup menarik. Dia hampir melakukan pernikahan sebanyak 3 kali, dan lucunya istri keduanya tersebut dia nikahi sebanyak 2 kali. Sebelumnya mereka menikah, kemudian berpisah kemudian menikah kembali.

Pernah Sakit

Sama seperti manusia yang lain, Elon Musk juga pernah sakit. Dia Pernah hampir mati karena mengidap malaria ketika sedang berlibur.

Ambisi Kedua

Walaupun kariernya gak mulus, Elon Musk tetap memiliki ambisi yang kuat untuk mengubah dunia. Akhirnya dia hijrah ke Los Angeles supaya lebih dekat dengan industri tata riksa.

Dia memiliki impian untuk membuat roket. Dia memulai dengan membaca buku-buku bagaimana membuat roket.

Dia mencoba langkah awalnya tersebut dengan melakukan perjalanan ke Rusia untuk membeli roket dan mengirimkannya ke planet Mars.

Sayangnya negosiasinya tersebut gagal, dan menyadari harga roketnya tersebut sangat mahal.

Tapi dia tidak patah arang, akhirnya dengan berbekal pengetahuan dan modal yang banyak ditambah mendapat pendanaan 250 juta dolar dari penjualan Paypal, dia memulai perusahaannya yang bernama SpaceX untuk membangun roketnya sendiri.

Pengalaman Menjadi Pasukan Pengibar Bendera…

17 Agustus merupakan salah satu masa dimana Indonesia merayakan kemerdekaannya dengan melakukan upacara bendera. Hal itu juga menjadikan pengalaman untukku ...

Siti Aisyah
1 min read

liburan sekolah

Pacitan adalah kota yang sangat terkenal karena disana merupakan kampung halaman pak SBY. selain hal itu, pacitan juga menyimpan sejuta ...

Siti Aisyah
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *