liburan sekolah

2 min read

Pacitan adalah kota yang sangat terkenal karena disana merupakan kampung halaman pak SBY. selain hal itu, pacitan juga menyimpan sejuta pesona tempat wisata terutama gua dan pantai. pacitan juga memiliki sebutan kota 1001 gua karena disana terdapat banyak sekali gua.

Liburan Ke Pantai Klayar

Pada saat liburan semester selama 2 minggu saya gunakan bersama teman-teman untuk berlibur ke pantai. setelah memilih tujuan liburan akhirnya kami sepakat untuk berlibur ke pantai klayar. pantai klayar terletak di desa kalak, kecamatan donorojo, kabupaten pacitan. pantai ini sangat populer di media sosial semenjak bapak presiden dan keluarganya berkunjung kesana.

Untuk menuju ke pantai klayar dari wilayah panggul-trenggalek membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 3-4 jam.  selain itu jalan untuk menuju ke pantai ini, kita harus melewati kawasan perkampungan, dengan kondisi jalan yang bisa dilalui mobil meskipun agak sempit, berkelok-kelok dan naik turun. selain itu untuk menuju ke bibir pantai jalanannya cukup curam dan membuat hati deg-degan. meskipun melelahkan nanti pasti akan terbayarkan dengan pesona keindahan pantai klayar.

Sebelum sampai di tempat lokasi terdapat pos, disana anda akan di kenakan tiket perorangan Rp. 10.000-(kalau tidak berubah). setelah sampai di pantai, saatnya anda bisa berkeliling ke pantai yang sangat luas dengan panorama yang indah. pemandangan alam yang eksotis, pasir putih yang elok serta ombak pantai selatan yang besar yang menghantam tebing batu karang yang kokoh. disana juga terdapat motor trill yang bisa di gunakan untuk mengelilingi pantai. dan jika ingin melihat luasnya laut bisa naik ke atas tebing.

Disana juga banyak anak-anak yang senang gembira bermain pasir pantai dan sesekali terkena deburan ombak. apabila sudah lelah menikmati pemandangan laut bisa beristirahat, disana juga banyak sekali para pedagang yang menjual makanan dan minuman, selain itu disana juga terdapat mushola.

Sangat Fantastis, begitulah kalau kita sudah berada di pantai klayar dengan segala pesonanya yang menarik. selain sebagai tempat wisata, pantai klayar juga memiliki banyak sekali homestay di sekitarnya. bahkan sampai area 1 kilometer menjauh dari pantai, di kampung terdekat pun juga ada homestay yang didirikan oleh penduduk setempat.

Bahkan berdasarkan keterangan warga setempat jika peak season liburan, homestay ini terpaksa menolak pengunjung karena terus berdatangan dari berbagai daerah, lantaran pengunjung yang datang ke pantai ini selalu fully booked, Sungguh luar biasa bukan magnet pantai klayar ini.

Yang membuat pantai klayar ini banyak diminati oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara adalah struktur batu karangnya yang sekilas menyerupai patung spinx di mesir. selain itu, spot ini sangat bagus di gunakan untuk berfoto-foto bersama teman maupun keluarga.

Selain batu karangnya yang bagus, disana juga terdapat seruling samudera. seruling samudra ini sebenarnya adalah celah sempit di antara dua batu karang yang setiap kali ada ombak maka air laut mancur melewati celah itu, setinggi kurang lebih sekitar 10 meter. lalu menimbulkan bunyi sekilas seperti bunyi seruling yang indah.

Untuk melihat keindahan seruling samudera dari jauh, kita bisa naik ke atas bukit, yaitu bukit indah lestari. untuk bisa masuk ke bukit ini kita harus membayar biaya masuk Rp.2.000 per orang. selain melihat keindahan seruling samudera dari atas bukit kita juga bisa melihat pantai yang  lainnya yang berbatasan dengan pantai klayar ini.

Pantai klayar ini tidak seperti pantai wisata yang buka dan ramai sampai malam hari, pantai klayar hanya bisa dikunjungi dan di nikmati hingga sore hari saja. selain itu warung-warung yang berada disekitar bibir pantai juga tutup ketika saat senja menjelang.

Disamping itu kami juga mendapat keterangan dari penjual kelapa, bahwa di sana tidak disediakan listrik oleh pemda, karena itulah warung di pinggir pantai ini tutup ketika menjelang magrib.sehingga pada malam hari pantai ini benar-benar gelap. selain itu, katanya bibir pantai akan ditertibkan dari pedagang dan akan dibuat lebih bersih dan disediakan jalan. itulah sebabnya mengapa pantai ini sengaja tidak di sediakan listrik dulu.

Selain itu disini kita juga tidak bisa makan seafood sepuasnya seperti layaknya makanan ala pantai. jangankan untuk makan kepiting, cumi-cumi ataupun kerang. karena kebanyakan warung makan yang ada di pantai ini hanya menjual mie instan dan masakan seperti ayam bakar dan ayam penyet, dan kalaupun ada yang menjual seafood, itu hanyalah ikan tongkol goreng biasa yang di penyet dan di lumuri dengan sambal.

Nah itulah pengalaman saya dan teman-teman saya waktu liburan sekolah ke pantai klayar dan semoga menjadi referensi bagi anda yang suka traveling ke pantai.

Pengalaman Menjadi Pasukan Pengibar Bendera…

17 Agustus merupakan salah satu masa dimana Indonesia merayakan kemerdekaannya dengan melakukan upacara bendera. Hal itu juga menjadikan pengalaman untukku ...

Siti Aisyah
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *