7 Pakaian Adat Jawa Barat Dan Keunikannya, Gambar, Penjelasan

Pakaian Adat Jawa Barat – Jawa Barat menjadi salah satu kawasan Indonesia yang mayoritas ditempati oleh suku atau Bangsa Sunda. Provinsi ini memiliki ibu kota di Bandung. Kawasan ini sangat terkenal dengan kebudayaan tari Jaipongan tari Merak yang amat mempesona. Tidak hanya itu, wayang golek juga termasuk warisan budaya Indonesia yang ada di wilayah ini.

Jawa Barat menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang cukup kaya akan budaya. Salah satu budaya Jawa Barat yang cukup bervariasi adalah pakaian adatnya. Terdapat banyak nama dari pakaian adat Jawa Barat yang layak untuk diketahui. Mulai dari jenis pakaian adat yang masih ada atau yang hanya menjadi koleksi dari sejarah semata.

Sebagaimana yang terdapat di kawasan yang lain, masyarakat Sunda juga mempunyai jenis pakaian adat yang bisa dibilang cukup melekat. Bahkan, pakaian adat kawasan dipenuhi dengan nuansa tradisional. Berdasar pada pemakaiannya, kawasan ini dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu pakaian untuk kaum bangsawan, pakaian untuk kaum golongan menengah dan jenis pakaian adat untuk rakyat jelata dan lain sebagainya.

Sekalipun hanya tinggal sejarahnya, berbagai pakaian adat yang pernah ada tersebut masih dapat ditemui pada berbagai sumber baik itu melalui cacatan buku, museum atau di internet yang saat ini banyak dijadikan rujukan. Masyarakat Jawa Barat sendiri masih ada yang mengenakan pakaian adat Jawa Barat untuk momen dan kegiatan tertentu.

Sebagai contoh adalah saat peringatan kemerdekaan RI di tanggal 17 Agustus. Tidak hanya itu, ada juga beberapa orang yang mengenakan jenis pakaian ini untuk kegiatan tertentu. Rasa bangga mengenakan pakaian adat Jawa Barat yang menjadi bagian dari warisan budaya tentu harus tetap ada.

Terlebih saat ini budaya berpakaian ala Negara lain semakin gencar di praktik kan di Indonesia. Jika dibiarkan, itu bisa menggerus budaya bangsa yang sesungguhnya sangat kaya. Dalam hal ini, pemerintah sudah saatnya melakukan filterisasi agar kearifan lokal senantiasa terjaga dan terpelihara dengan baik.

Pakaian adat ala Jawa Barat sesungguhnya mempunyai sisi kelebihan tersendiri. Di antaranya adalah dari sisi model dan juga bentuknya. Selain itu, ada juga kelebihan lain yakni dari cara pembuatannya. Ada sebagian pakaian adat yang dibuat dengan menggunakan mesin modern.

Namun ada juga yang masih diproduksi dengan tangan karena tidak mau menggunakan jenis mesin modern. Mengetahui berbagai jenis pakaian adat Jawa Barat adalah salah satu cara menjaga kearifan lokal Negara ini. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan di ulas mengenai pakaian adat Jawa Barat beserta penjelasannya untuk memperkaya pemahaman Anda.

Pakaian Adat Jawa Barat

Pakaian adat Jawa Barat yang memiliki sisi unik tersendiri tentu saja menjadi kebanggaan bersama untuk bangsa Indonesia. Pakaiannya memang benar-benar unik dan apabila model bajunya di poles dengan memakai nuansa atau trend modern tentu akan memunculkan kreasi yang sangat menarik di dunia fashion. Ini bisa menjadi inspirasi untuk para designer Indonesia. Berikut adalah rincian tentang pakaian adat Jawa Barat tersebut.

Pakaian Adat Sunda Laki Laki untuk Rakyat Jelata

pakaian adat sunda laki laki untuk rakyat jelata
bajutradisionals.com

Pakaian adat Jawa Barat, terkhusus pakaian adat Sunda memang memberikan kesan yang sangat istimewa. Pakaian adat satu ini menggambarkan seorang lelaki yang mengenakan celana panjang hingga betis. Juga menggunakan ikat memakai kain atau sejenis kulit.

Sedangkan untuk baju bagian atasnya dikenal dengan Selontreng dan Sarung Poleng yang ditata rapi dengan bentuk menyilang. Pakaian ini dipakai selama seharian. Sedangkan untuk menutup kepala, pakaian adat satu ini memakai ikat logen yang bentuknya seperti barang bang samplak. Kemudian alas kakinya menggunakan sandal terumpah.

Pakaian Adat Sunda Perempuan untuk Rakyat Jelata

pakaian adat sunda perempuan untuk rakyat jelata
setyafashion.com

Adapun pakaian adat Sunda untuk kaum perempuan sendiri adalah memakai kain batik untuk bagian bawahan. Kemudian memakai beuber untuk bagian ikat pinggangnya. Di samping itu, pakaian adat ini memakai kamisol untuk bra.

Selanjutnya untuk semakin menampilkan sisi keindahan pada pakaian adat ini, ditambahkan rambut hiasan pada pakaian perempuan dalam jucung bun, gelang akar bahar dan juga sebuah cincin polos. Sementara untuk bagian alas kakinya menggunakan sandal keteplek atau sandal jepit.

Pakaian Adat Sunda untuk Laki Laki Kaum Menengah

pakaian adat sunda untuk laki laki kaum menengah
adat-tradisional.blogspot.com

Selanjutnya adalah pakaian adat Sunda untuk laki laki kaum menengah yang sangat identik dengan para saudagar atau pedagang. Jika diamati, strata sosial pada kaum ini lebih tinggi apabila dibandingkan dengan rakyat jelata.

Ini merupakan pakaian adat Sunda yang dipakai oleh para kaum pria dengan memakai sejenis baju bedahan berwarna putih, alas kaki dan juga kain batik dengan ikat kepala dan terumpah. Umumnya, rakyat Jawa Barat akan menggunakan beberapa aksesoris tambahan seperti arloji rantai yang digantungkan pada bagian saku baju. Arloji ini umumnya memiliki warna emas.

Pakaian Adat Sunda Wanita Kaum Menengah

pakaian adat sunda wanita kaum menengah
inspirilo.com

Jika sebelumnya adalah pakaian adat Sunda untuk laki-laki kaum menengah, pada berikutnya ini adalah pakaian adat sunda untuk perempuan kelas menengah. Pakaian untuk wanita Sunda kelas menengah ini tentu saja berbeda dengan yang dikenakan oleh perempuan golongan jelata.

Adapun jenis pakaiannya adalah menggunakan atasan, beuber dan juga selendang yang ditambahkan dengan berbagai hiasan lain.

Pakaian Adat Sunda untuk Bangsawan Laki-Laki

Pakaian Adat Sunda untuk Bangsawan Laki-Laki

 

Untuk selanjutnya adalah pakaian adat Sunda untuk kalangan bangsawan laki-laki. Strata bangsawan ini tentu saja berada di atas dari kaum menengah. Untuk pakaian adat kaum bangsawan di sini merupakan sebuah jasa tutup yang memakai bahan dasar berupa beludru hitam.

Selain itu disertai dengan hiasan berupa sulaman benang emas yang ada di ujung dan juga tepi tangannya. Tidak hanya itu, pakaian adat ini juga dilengkapi dengan kain dodot yang menggunakan motif rengreng, celana panjang, sabuk emas, bendo dan juga selop berwarna hitam.

Pakaian Adat Sunda untuk Bangsawan Wanita

Pakaian Adat Sunda untuk Bangsawan Wanita
cibungurmaranggi.wordpress.com

Sementara untuk para kaum bangsawan Sunda wanita umumnya mengenakan kebaya yang bahan dasarnya sama dengan yang dipakai oleh pria bangsawan. Kemudian ditambah dengan kain kebat, alas kaki yang diberi hiasan manik-manik dan beberapa aksesoris lainnya. Dan untuk semakin memperindah tampilan, biasanya wanita akan menggunakan tusuk konde pada bagian rambut yang disanggul, bros dan juga peniti rantai.

Pakaian Adat Sunda untuk Acara Resmi

pakaian adat sunda untuk acara resmi

Selain beberapa jenis pakaian adat yang menunjukkan identitas Sunda berdasarkan pada stratanya, selanjutnya adalah jenis pakaian adat Sunda yang digunakan untuk acara resmi. Dalam merefleksikan kekayaan budaya di kawasan Jawa Barat, tentu saja kerap terlihat adanya ajang pemilihan Mojang dan Jajaka di kawasan tersebut yang memakai pakaian adat khusus tersendiri.

Biasanya, untuk jajakanya akan menggunakan jas tertutup yang berwarna hitam. Kemudian ditambah dengan kain yang panjang diikat pada bagian pinggang. Selain itu juga ditambah dengan sandal selop. Sedangkan untuk para mojangnya akan mengenakan pakaian berupa kebaya yang diberi hiasan  sulam, kain kebat, beuber, karembong dan juga kamisol.

Selain itu, sebagai bentuk perlengkapan yang menambah keindahan akan ditambah dengan tusuk konde cincin, giwang kalung peniti rantai dan juga bros sehingga penampilannya pun semakin menarik. Selain beberapa jenis pakaian adat Jawa Barat yang telah disebutkan di atas, ada juga pakaian adat untuk pengantin Suka pura. Pakaian adat ini menggunakan kain jenis rereng dengan baju jas tutup berwarna putih.

Selain itu, juga dilengkapi dengan ikat pinggang warna putih dengan jenis tutup kepala bendo yang memiliki motif rereng. tidak hanya itu, pakaian adat satu ini juga dilengkapi dengan selop yang berwarna putih. Sementara untuk pengantin wanitanya menggunakan kebaya berjenis brukat warna putih dan menggunakan ikat pinggang atau benten yang memiliki warna emas.

Ditambah dengan kain rereng eneng serta jenis selop dengan warna putih. Tidak hanya itu, pengantin wanitanya juga diberi berbagai perhiasan untuk mempercantik penampilannya. Pakaian ini sering digunakan di acara pernikahan.

Demikianlah ulasan mengenai berbagai jenis pakaian adat Jawa Barat yang sangat beragam dengan ciri khas tersendiri. Pakaian adat tersebut menjadi salah satu bukti kekayaan nusantara yang harus dilestarikan dan dicintai oleh semua kalangan, khususnya kalangan anak muda yang mulai tidak kenal terhadap warisan budaya nenek moyangnya.

Leave a Comment