Kumpulan Hewan Terbesar Di Dunia, Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Hewan terbesar di dunia – Makhluk hidup yang menempati dunia ini tentu saja sangatlah beragam. Khususnya untuk jenis hewan maupun tumbuhan. Hewan pun ada banyak sekali jenisnya yang tersebar di seluruh belahan bumi. Namun, ada beberapa hewan yang menjadi sorotan khusus dengan kelebihan maupun keunikan yang di miliki, termasuk dari sisi ukuran.

Dalam hal ini ada kategori hewan-hewan terbesar yang bisa di temui di seluruh belahan bumi ini. Mengenal hewan-hewan tersebut tentu saja cukup penting sebagai wawasan dan pengetahuan akan keberagaman penghuni bumi. Lalu, apa saja jenis hewan terbesar dari beberapa aspek yang ada di muka bumi ini?

Hewan Terbesar di Dunia

hewan terbesar di dunia

Nah, bagi Anda yang penasaran, jangan khawatir karena berikut ini ada ulasan lebih lanjutnya.

Hewan Air Paling Besar Di Dunia : Paus Biru

paus biru
regional.kompas.com

Pembahasan pertama kali ini adalah mengenai hewan terbesar yang ada di dunia, secara umum maupun khusus untuk kelas mamalia. Hewan tersebut tidak lain adalah paus biru. Dalam hal ini paus biru memiliki panjang lebih dari 30 meter dengan ukuran yang begitu besar.

Dan saat ini wujud paus biru pun masih ada dan bisa di temui. Dari seluruh daftar hewan yang ada di dunia, pasu biru sendiri benar-benar merupakan yang terbesar sehingga tidak heran jika panjangnya saja puluhan meter.

Hewan Darat Paling Besar Di Dunia : Gajah Afrika

gajah afrika
juragancipir.com

Kategori selanjutnya adalah untuk kelas makhluk darat yang paling berat di dunia. Dan yang menempati posisi tersebut tidak lain adalah gajah Afrika. Gajah afrika ini merupakan hewan dengan berat hingga puluhan ton. Sedangkan yang lebih besar antara gajah jantan dan betinanya adalah yang jantan.

Gajah jantan umumnya memiliki berat hingga 6 ton. Sedangkan untuk gajah yang betina pada umumnya hanya 3 ton saja sehingga jarak berat ini bisa di katakan memang cukup significant. Nah, saking beratnya, perlu di ketahui bahwa gajah afrika ini pada umumnya tidak memiliki predator alami untuk yang sudah dewasa.

Hewan Darat Paling Tinggi Di Dunia : Jerapah

hewan darat paling tinggi di : dunia jerapah
sains.compas.com

kalau mendengar nama jerapah, tentu saja sudah tidak asing lagi bahwa hewan ini adalah hewan yang paling tinggi di dunia. Jerapah ini berasal dari Afrika yang tingginya memang begitu  significant. Bahkan bisa mencapai 5 sampai 6 meter.

Yang membuat jerapah begitu tinggi adalah ukuran lehernya yang sangat panjang, bahkan bisa mencapai 2 meter sendiri. Hal ini membuat jerapah melakukan adaptasi yang begitu menakjubkan dengan pertumbuhan leher yang tentu saja tidak sewajarnya.

Karnivora Terbesar Di Dunia : Gajah Laut Penghuni Kutub Selatan

karnivora terbesar di dunia gajah laut penghuni kutub selatan
daun-hew.blogspot.com

Jika di tanya terkait karnivora terbesar yang hingga kini masih hidup dan berkeliaran, maka gajah kutub adalah jawabannya. Makanan dari gajah laut penghuni kutub ini tidak lain adalah cumi-cumi  dan ikan. Dia pun akan berburu di dalam air dan naik ke permukaan setiap 12 menit.

Sedangkan untuk beratnya antara jantan dan betina, pada umumnya gajah laut penghuni kutub yang jantan memang jauh lebih berat di bandingkan yang betina.

Karnivora Darat Terbesar Di Dunia : Beruang Kutub Dan Beruang Coklat

Karnivora Darat Terbesar Di Dunia : Beruang Kutub Dan Beruang Coklat
dun-hew.blogspot.com

Untuk kelasnya karnivora, yang terbesar di dunia ini predikatnya di raih oleh beruang kutub dan beruang coklat. Sedangkan ketika di tanya mana yang lebih besar diantara keduanya, bisa di katakan cukup sulit untuk membedakan karena baik beruang kutub maupun beruang coklat bentuk tubuh sekaligus ukurannya relatif sama. Karena itulah keduanya bisa disebut karnivora terbesar. Dan untuk berat kedua binatang ini, sama-sama lebih dari 1000 kg.

Reptil Terbesar Di Dunia : Buaya Air Asin

Reptil Terbesar Di Dunia : Buaya Air Asin
buayaohbuaya.blogspot.com

Dari seluruh reptil di dunia yang masih hidup, buaya air asin adalah salah satu reptil yang terbesar. Buaya ini di temukan di wilayah perairan Australia hingga Asia Tenggara. Buaya ini hidup dengan memangsa binatang yang masuk di daerah kekuasaan mereka.

Sedangkan untuk ukurannya secara spesifik, pada umumnya buaya dewasa memiliki panjang 4-5 m. Namun, untuk kelasnya jantan bisa saja mencapai 6 meter. Sedangkan beratnya, secara umum adalah 400-1000 kg. Namun, ada juga yang lebih dari itu.

Apimbi Terbesar Di Dunia: Salamander China

Apimbi Terbesar Di Dunia: Salamander China
alampedia.blogspot.com

Selanjutnya, untuk kategori hewan sejenis Apimbi, maka Salamender China adalah yang terbesar di dunia. Dalam hal ini tinggi hewan tersebut bisa mencapai 180 cm. Karena itulah, salamender ini di sebut sebagai yang terbesar. Akan tetapi, kalau untuk saat ini, tentu saja sudah jarang di temukan salamender dengan ukuran yang sebesar itu.

Hewan ini mulai kehilangan habitatnya karena endemik di gunung batu China. Selain itu, beberapa aktivitas seperti perburuan liar, hingga polusi menyebabkan hewan ini pun hampir mengalami kepunahan.  

Pengerat Terbesar Di Dunia : Capybara

Pengerat Terbesar Di Dunia : Capybara
pixabay.com

Tidak dapat di pungkiri bahwa tikus sudah di akui sebagai salah satu hewan pengerat. Sedangkan jenis dari tikus sendiri ada banyak sekali. Salah satunya adalah Capybara. Nah, untuk jenis yang satu ini merupakan salah satu tikus yang juga sebagai hewan pengerat terbesar di dunia.

Tinggi hewan ini mencapai 1.5 meter dengan panjang hampir 1 meter. Hewan tersebut hidupnya berkelompok di mana maksimal kelompoknya adalah 100 ekor.

Ikan Paling Besar Di Dunia : The Ocean Sunfish

Ikan Paling Besar Di Dunia : The Ocean Sunfish
travel.detik.com

Ikan yang satu ini merupakan ikan terbesar di dunia yang memiliki berat hingga 1000 kg. Sedangkan untuk panjangnya, Teh Ocean Sunfish sekitar 1.8 meter. Namun yang menarik, perlu di ketahui bahwa sebenarnya hewan ini hanya memiliki kepala dan ekor saja. Dan dalam penyebarannya, ada banyak spesies yang di miliki hingga dalam jumlah 29.000 yang tersebar di seluruh dunia.

Ular Paling Besar Di Dunia : Anakonda Hijau

Ular Paling Besar Di Dunia : Anakonda Hijau
www.seruni.id

Untuk kelas ular, hewan paling besar di dunia adalah Anakonda Hijau. Anakonda Hijau masuk daftar ular terbesar yang pernah di temui yang hidupnya di sungai daerah tropis. Sedangkan ukuran yang terverifikasi adalah ular dengan panjang 7,5 meter dan berat hingga 250 kg.

Burung Terberat Yang Bisa Terbang Di Dunia : Dalmatian Pelican

Burung Terberat Yang Bisa Terbang Di Dunia : Dalmatian Pelican
www.insting.net

Terakhir, untuk kategori burung yang bisa terbang, yang paling besar di dunia dan pernah di temui adalah Dalmatian Pelican. Hidupnya hewan ini berada di wilayah Eropa Selatan hingga India dan Cina. Rata-rata tingginya bisa mencapai 160-180 cm. Untuk beratnya diantara 11-15 kg. Sedangkan panjangnya bisa lebih dari 3 meter. Dan untuk ukuran burung yang bisa terbang, tentu saja ini sudah begitu besar.

Demikianlah ulasan mengenai hewan terbesar di dunia, baik yang pernah di temui maupun yang masih ada hingga sekarang. Dalam hal ini sebenarnya hewan-hewan yang masih ada tersebut perlu di lestarikan sehingga tidak mengalami kepunahan. Hewan terbesar ini juga merupakan bukti kekayaan alam yang perlu di jaga dengan baik. 

Leave a Comment