21 Hewan Peliharaan Unik Dan Lucu, Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Hewan Peliharaan – Untuk beberapa orang yang tinggal jauh dari keluarga pasti akan terasa membosankan saat berada di rumah sendirian. Apalagi jika Anda sudah bosan dengan berbagai macam rutinitas pada saat bekerja, dari mulai melakukan aktivitas berangkat ke kantor dengan kondisi yang macet, pulang lalu tidur serta keesokan hari pun Anda akan melakukan aktivitas tersebut secara berulang- ulang.

Meskipun Anda dapat tenggelam di dalam pekerjaan yang Anda geluti tentu akan menjadi hal yang membosankan jika terus menerus di lakukan.

Nah, itulah sebabnya banyak sekali orang yang memutuskan untuk memelihara binatang peliharaan di rumah yang mana dengan adanya hewan peliharaan hidup Anda akan jauh lebih berwarna. Untuk memilih hewan peliharaan usahakan jika hewan peliharaan Anda ini adalah hewan yang memang Anda sukai.

Atau jika memang Anda suka dengan hewan yang unik maka bisa memilih hewan unik. Penasaran dengan apa saja hewan peliharaan yang bisa di pelihara?, simak rekomendasi hewan peliharaan yang dapat Anda pilih:

Hewan peliharaan iguana

hewan peliharaan iguana
infobaru.web.id

Untuk hewan peliharaan yang pertama ialah hewan iguana dimana hewan ini adalah salah satu reptil yang paling banyak di pelihara oleh banyak orang. Reptil iguana ini memang memiliki kesan purba dimana hal unik itulah yang menjadikan banyak orang suka dengan iguana. Hewan iguana sendiri adalah hewan yang paling banyak di temukan di wilayah Amerika.

Nah, akhir- akhir ini hewan iguana sendiri memang menjadi jenis hewan yang cukup banyak di cari dan menyita perhatian sehingga iguana sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Walaupun iguana merupakan hewan yang tidak mudah dalam masalah perawatan namun pastikan jika Anda membeli hewan iguana yang keadaan baik dan juga sehat.

Selain itu, banyak sekali orang yang menjadikan hewan ini sebagai peliharaan karena memang sangat unik apalagi bagi orang yang memang merupakan seorang pecinta reptil. Iguana juga memiliki daya tarik tersendiri dimana ia merupakan hewan yang berkulit eksotis.

Banyak dari jenis iguana yang dapat digunakan sebagai peliharaan yakni iguana hijau yang memang sangat terkenal dengan kelebihan dalam penampilan yang gesit, lincah dan juga lebih responsif. Iguana hijau ini juga menjadi salah satu hewan yang jinak sehingga aman di pelihara. Iguana ini juga mempunyai gelambir pada kulit yang lebar pada lehernya, dan hal inilah yang berfungsi sebagai pengatur dari suhu tubuhnya. Cukup menarik bukan?.

Hewan peliharaan landak mini

hewan peliharaan landak mini
peliharaanhewan.blogspot.com

Untuk rekomendasi hewan peliharaan yang lainnya ialah landak mini, dimana landak ini memang menjadi hewan yang sangat imut dan lucu. Jadi bukan hal yang mengherankan jika banyak yang gemas dan ingin menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Landak mini sendiri terdapat kurang lebih memiliki 16 spesies.

Landak mini ini memang cukup berbeda dengan landak yang besar karena landak mini ini sama sekali tidak akan menyiksa Anda. Landak mini ini juga mempunyai duri seperti halnya landak yang besar, akan tetapi duri yang ada pada landak mini ini sama sekali tidak beracun. Landak mini merupakan salah satu hewan nokturnal, dimana pada saat siang ia akan bersembunyi di tempat- tempat yang gelap.

Landak ini merupakan mamalia yang berasal dari keluarga eriaceinae, dimana hewan ini memang banyak sekali di temukan di Asia, Eropa, Selandia baru dan juga Afrika. Karena hewan ini aman untuk di peliharaan tentu banyak orang yang memeliharanya apalagi dengan ukurannya yang sangat imun dan juga menggemaskan.

Jika Anda memutuskan untuk memeliharanya maka Anda tidak perlu merasa khawatir dan stress jika landak akan kesepian. Karena memang landak mini adalah hewan yang sangat suka untuk menyendiri. Jadi tidak perlu merasa khawatir.

Ubur-ubur

ubur ubur
jempolkaki.com

Untuk yang selanjutnya adalah ubur- ubur dimana hewan ini merupakan hewan yang bisa dijadikan sebagai penghilang stress pada saat suntuk melanda. Memang masih banyak orang yang belum tahu jika hewan ubur- ubur ini bisa di jadikan sebagai binatang peliharaan.

Jenis yang paling banyak di pelihara ialah ubur- ubur upside-down jellyfish. Namun ada juga jenis yang lainnya yakni ubur- ubur blubber, ubur- ubur laguna dan juga ubur- ubur bulan dimana mempunyai keunikan yang memang berbeda.

Umumnya hewan laun ini akan dimasukkan ke dalam sebuah akuarium yang khusus yang sudah di lengkapi dengan lampu led yang bisa mempercantik tampilan. Makanan untuk ubur- ubur cukup unik ialah hewan plankton yang sangat kecil. Dengan melihat ubur- ubur yang bergerak dengan lucu akan menjadi hiburan tersendiri bagi kita.

Hewan kalajengking

hewan kalajengking
jempolkaki.com

Kesan yang keren bisa Anda peroleh pada saat memelihara hewan yang cukup ekstrim yakni hewan kalajengking yang mana memiliki capit yang cukup besar. Menurut kebanyakan orang, kalajengking ini merupakan hewan yang memang cukup menakutkan dan juga mengerikan.

Namun, dengan memelihara kalajengking untuk orang yang merupakan pecinta hewan unik maka hal yang seperti itu akan di anggap keren untuk dijadikan peliharaan. Hewan ini merupakan hewan yang cukup mudah untuk di pelihara, dari yang pernah memelihara maupun yang belum pernah memeliharanya.

Namun, hal yang sangat penting pada saat memelihara kalajengking ialah kebersihan dari kandang yang wajib untuk di jaga.Untuk seorang pemula, jangan mencoba untuk memelihara kalajengking yang memiliki racun karena dapat membahayakan.

Ciri dari kalajengking yang memiliki bisa kuat ialah kalajengking yang mempunyai ekor gemuk serta capitnya berukuran kecil. kalajengking yang seperti itu, akan menggunakan kandungan racunnya pada ekor untuk bisa melumpuhkan buruannya.

Namun, untuk kalajengking yang memiliki bisa tidak terlalu berbahaya adalah yang memiliki ciri ekor yang kecil dimana capitnya lebih besar dan juga kuat. Untuk jenis ini memakai capitnya untuk dijadikan senjata utama untuk bisa melumpuhkan mangsannya. Di Negara Indonesia sendiri memang tidak ada kalajengking yang memiliki bisa racun mematikan. Jadi, bisa di pastikan akan aman untuk di pelihara.

Hewan tarantula

hewan tarantula
jempolkaki.com

Untuk yang selanjutnya adalah hewan tarantula, dimana hewan ini merupakan jenis laba- laba yang terbesar ada didunia. Mungkin Anda merasa heran, bagaimana bisa jenis laba- laba dengan ukuran besar akan di jadikan sebagai hewan peliharaan.

Namun untuk kalangan pencinta binatang memiliki sebuah alasan untuk memelihara tarantula tersebut, yakni terpikat dengan keseraman dari hewan tarantulanya sendiri. Di tengah- tengah masyarakat memang banyak yang mengatakan jika gigitan dari tarantula bisa mengakibatkan kematian. Dan hal itulah yang menjadi salah satu ketakutan akan tarantula tersebut.

Tarantula ini adalah hewan peliharaan yang memang sangat disukai oleh para pencinta binatang di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki kurang lebih 900 spesies laba- laba. Rasa sengatan yang diberikan oleh tarantula memang hampir sama dengan sengatan lebah dan bisa mengakibatkan kematian untuk orang yang alergi dengan bisa.

Hewan axolotl

hewan axolotl
jempolkaki.com

Untuk hewan peliharaan yang selanjutnya adalah kadal yang bentuknya menyerupai ikan axolotl dengan mata yang gelap. Axolotl ini merupakan hewan amfibi yang masih satu tipe dengan salamander dan hewan ini merupakan hewan dengan kaki yang sangat unik.

Binatang yang satu ini berasal dari Negara Meksiko yang mana hewan ini sudah menjadi salah satu hewan yang cukup langka sehingga sangat di lindungi. Jenis kadal ini dapat mencapai umur 15 tahun yang mana memiliki panjang sekitar 60 cm. kebanyakan masyarakat akan mengira jika axolotl adalah ikan sebab bentuk tubuhnya memang sangat mirip dengan ikan.

Hal yang unik pada hewan ini adalah insangnya yang berada di luar tubuh yang mana ada di bagian samping tubuh dan jika dilihat secara sepintas maka akan mirip dengan tanduk.Ikan memiliki kaki dan juga memiliki tanduk, tentu menjadi hewan yang aneh bukan?.

Untuk Anda yang memang memiliki niat memelihara hewan axolotl memang cukup mudah. walaupun masih tergolong hewan amfibi namun hewan ini akan lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam air. Makanan utama dari hewan ini adalah cacing serta udang beku dan sangat dianjurkan untuk tidak memakai pakan hidup karena bisa menimbulkan banyak penyakit.

Burung hantu

burung hantu
brilio.net

Untuk yang selanjutnya adalah burung hantu, dimana burung hantu ini adalah salah satu hewan cerdas namun terkenal cukup menyeramkan pada saat berfoto bersamanya. Jika di dalam bahasa inggris burung hantu ini disebut dengan owl.

Di Negara kita sendiri memiliki sebutan burung hantu, dan burung ini merupakan jenis hewan nokturnal dimana burung hantu akan melakukan aktivitas di malam hari. Burung hantu ini memiliki susunan wajah yang cukup menyeramkan. Untuk masalah pemeliharaannya, burung hantu ini memang tidak dapat disamakan dengan burung kicau. Karena burung hantu ini merupakan hewan yang cerdas yang mana melebihi burung kicauan.

Burung hantu merupakan hewan yang sangat memerlukan sapaan dari pemiliknya sehingga burung hantu pun akan cepat jinak dan bisa menumbuhkan rasa yang percaya diri kepada pemiliknya. Mengenai masalah perawatannya, burung hantu ini sama sekali tidak membutuhkan sangkar.

Mengapa demikian?, karena burung hantu akan mudah mengalami stress jika di masukkan kedalam sangkar. Lebih baik menggunakan tempat yang bisa di gunakan untuk bertengger burung hantu dan bisa dijadikan sebuah rumah. Burung hantu adalah hewan yang memang sudah terbiasa hidup di alam yang liar sehingga cukup berbahaya jika di pelihara.

Karena mereka ini adalah termasuk dalam binatang yang memiliki cakar serta paruh yang cukup kuat serta bisa dimanfaatkan oleh para petani untuk memburu tikus yang ada di sawah.

Binatang musang

binatang musang
majalahhewan.com

Hewan musang merupakan binatang yang liar namun jinak. Untuk beberapa orang yang memang memiliki suka dengan hewan musang, maka dengan menggunakan musang sebagai alternatif pemilihan untuk hewan peliharaan. Akan tetapi, jika Anda berniat memelihara hewan ini maka lebih baik untuk tetap berhati- hati karena musang merupakan hewan yang memiliki kecenderungan untuk menggigit dan menyerang siapapun yang ada di dekatnya. Musang merupakan hewan yang sangat aktif dan itulah sebabnya musang akan sangat suka jika mengeksplor beberapa hal- hal yang baru.

Musang merupakan binatang yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai peliharaan dimana musang ini cukup mudah dalam hal makanan, karena makanan yang diberikan bisa nasi maupun pisang. Tak hanya itu saja, musang ini adalah hewan yang jarang sekali mengeluarkan suara jadi tidak akan berisik. Kotoran dari musang sendiri juga tidak memiliki bau menyengat seperti hewan lainnya.

Jika memang Anda berniat memeliharanya maka sangat di anjurkan jika mulia memelihara sejak musang masih bayi. Sebab jika mengingat musang ini merupakan hewan yang liar, sehingga jika Anda menangkapnya di hutan maka akan sangat sulit untuk dijinakkan. Ada beberapa jenis dari musang yang dapat di jadikan dengan peliharaan yakni musang bulan, musang akar, musang pandan dan juga musang akar.

Sugar glider

here's a younger set of twins. they use their hands like racoons.
luthfand.wordpress.com

Untuk yang selanjutnya ini adalah sugar glider yang mana merupakan hewan saku yang sangat menggemaskan, yang bahkan hewan ini mempunyai keakraban dengan manusia yang melebihi hewan kucing. Sugar glider merupakan hewan yang nokturnal yang bisa dengan mudah di temukan pada wilayah Papua Maluku serta Australia.

selain itu, di Indonesia hampir semua jenis dari sugar glider ini diternakkan karena untuk sugar glider yang asli dari Australia memang tidak boleh dijual belikan dan di lindungi oleh Negara. Bahkan di Negara kita sendiri memang sudah tidak memperbolehkan adanya pemburuan liar dari sugar glider karena yang di bolehkan adalah sugar glider hasil dari ternak.

Untuk masalah perawatan dari sugar glider sendiri memang cukup mudah dan itulah sebabnya banyak sekali orang yang ingin memeliharanya. Hewan ini memang pintas karena bisa membersihkan tubuhnya sendiri dengan menjilati bulu- bulu yang ada di badannya. Sugar glider adalah hewan yang memiliki potensi besar untuk dalam ikatan dengan pemiliknya.

Sugar glider ini adalah binatang marsupial yang masih satu bangsa dengan koala dan juga kanguru. Binatang yang berkantung merupakan hewan yang nokturnal yang mana melakukan aktivitasnya di malam hari. Sugar glider ini sangat suka dengan makanan yang manis seperti gila dan sangat suka meluncur sehingga memiliki nama sugar glider.

Hewan semut

hewan semut
jempolkaki.com

Tentu Anda bingung mengapa semut di pelihara namun nyatanya memang sangat banyak sekali orang yang memelihara semut, apalagi jika hewan kecil ini merupakan hewan yang sangat populer di Negara Indonesia sehingga banyak yang memeliharanya. Di Negara Jerman sendiri, satu koloni semut ini akan mencapai 100 euro atau sekitar 1 juta rupiah.

Menjadikan binatang semut sebagai hewan peliharaan memang tanpa alasan dimana semut ini adalah hewan yang sangat mandiri serta memiliki kerja keras, sedangkan di dalam perawatannya juga tidak memerlukan banyak tempat, tidak mudah kotor dan juga berisik. Bahkan di Negara Berlin, terdapat sebuah toko yang memang khusus untuk menyediakan serta menjual semut untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan karena peminatnya juga banyak.

Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang menjadikan semut menarik yakni adalah kehidupan sosial yang tinggi pada semut, dimana mereka dapat menjalin sebuah komunikasi permanen antar sesamanya. Semut ini merupakan hewan yang selalu bekerja bersama dalam semua hal.

Mulai dari membuat sarang besar, mencari makanan, berbagi makanan, memiliki pembagian pekerjaan yang sangat rapi serta masih banyak hal yang lainnya untuk menjadikan ini semut yang menarik. Untuk yang memang ingin memeliharanya maka untuk pemula dapat memulai dengan memilih semut yang biasa ada di alam bebas, karena untuk semut yang eksotis akan memerlukan izin dari pemerintah setempat.

Hewan ular

hewan ular

Untuk yang selanjutnya adalah ular, dimana ular ini sangat disukai oleh banyak kalangan apalagi para pecinta ular. Tak dapat di pungkiri jika ular menjadi hewan yang sangat berbahaya bahkan ada yang memiliki bisa racun yang mematikan. Tak hanya itu saja, karena ular juga sangat identik dengan bau yang tidak sedap dan amis, tubuhnya licin karena berlendir.

Akan tetapi,  sebenarnya, tidak semua hal itu adalah benar karena memang tidak semua ular memiliki bisa seperti halnya ular cobra dan juga python. Itulah sebabnya hewan ini tetap eksis menjadi salah satu reptile yang paling banyak di minati banyak orang.

Selain itu, ular memang tidak licin apalagi berlendir karena pemikiran itu muncul di karenakan jijik dengan sisik dan tubuh ular yang mengkilap. Bau amis ini akan timbul pada ular sendiri disebabkan oleh kotoran ular dan juga seninya.

Untuk orang yang memang memiliki hobi memelihara reptil maka dalam masalah perawatan ular memang akan terlihat mudah dan juga simpel. Contohnya saja, ular bisa diberikan makan seminggu satu kali saja. ular yang paling banyak dipelihara di Indonesia ialah ular sanca seperti ular sanca pohon, ular sanca albino dan juga ular sanca kembang.

Selain itu, ada juga ular tikus atau corn snake yang mana merupakan ular cantik yang bisa dikatakan jinak sehingga bisa di pelihara oleh banyak orang. Lalu ada ular pelangi dimana ular ini memiliki warna kulit yang hitam dan warna pelangi di kulitnya, anjing yang jinak untuk banyak orang. Ular python hijau juga merupakan hewan yang tergolong unik dengan memiliki ciri yang khas yakni memiliki cara tidur yang cukup beda dari ular yang lainnya.

Kecoa Madagaskar

kecoa madagaskar
www.aexpi.com

Pada saat kita mendengar nama kecoak pastinya akan terlintas di pikiran kita jika kecoa merupakan hewan yang menjijikan dan juga bau, dimana hewan ini akan sangat mudah di temukan di beberapa tempat yang kotor serta lembab. Akan tetapi, pandangan itu hanya dapat berlaku untuk kecoa lokal.

Tentu kecoa yang biasa kita temui beda dengan kecoa Madagaskar dimana kecoak ini banyak disukai orang pada saat ini. Kecoak Madagaskar ini memang mempunyai sebuah keunikan serta tubuh yang sangat eksotis sehingga memang layak sekali jika di pelihara.

Kecoa Madagaskar ini memiliki nama latin yakni grompadorhina portentosa, dan menjadi kecoa dengan salah satu spesies kecoa terbesar yang ada di bumi. Karena pada saat kecoak memiliki usia yang lebih dari setahun maka panjang dari kecoa Madagaskar bisa mencapai 13 cm.

Hal unik lainnya adalah ada pada suara desisan di bagian sayapnya, dimana suara akan timbul ketika Anda menekan badan dari kecoa tersebut. Selain itu, kecoa ini juga bisa diternakkan yang mana nantinya dapat dijual yang bahkan juga bisa dijadikan dengan makanan untuk reptil, sugar glider, tarantula dan lain sebagainya. Perlu Anda tahu jika kecoa Madagaskar ini mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi.

Serangga batang

serangga batang
jempolkaki.com

Untuk yang selanjutnya adalah serangga batang dimana merupakan hewan yang anti mainstream yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan. Serangga batang ini lebih dikenal dengan serangga tongkat yang mana ada sekitar 3.200 spesies yang serupa dimana ia adalah anggota ordi serangga yang juga disebut dengan nama latin yakni Phasmatodea.

Serangga ini mempunyai tubuh yang sangat mirip dengan batang pohon yang sangat berfungsi untuk menyempurnakan persembunyian dari pemangsa dengan menyamakan diri dengan batang yang di dekatnya.Di Negara Vietnam sendiri banyak sekali ilmuan yang pernah menemukan hewan yang ukurannya cukup besar yakni memiliki panjang sekitar 60 cm, yang mana membuat hewan tersebut menjadi serangga terbesar.

Untuk pemeliharaannya pun memang cukup mudah, yakni sediakan wadah dari toples plastik yang ukurannya cukup besar dengan adanya tutup yang sudah di lubangi sebelumnya. Makanan mereka ini adalah dedaunan yang dapat dengan mudah, sedangkan untuk wadahnya sendiri hanya membutuhkan semprotan air pada daun yang sudah disiapkan sebelumnya.

Untuk masalah suhu juga perlu dijaga, jangan sampai suhu terlalu dingin dan terlalu panas karena serangga batang memiliki umur pendek.

Burung macaw

burung macaw
jempolkaki.com

Untuk yang selanjutnya adalah burung macaw, dimana burung ini merupakan burung yang sangat menawan. Jika Anda pernah menonton film Rio dimana sebuah film yang menceritakan tentang petualangan dari jenis burung langka yang memiliki nama Blue yang menjadi tokoh utama.

Burung macaw sendiri adalah burung yang berasal dari Negara Amerika selatan. Burung macaw memang memiliki banyak sekali jenisnya bahkan ada juga jenis yang di lindungi oleh perintah karena memang sudah terancam punah.

Sedangkan di Negara Indonesia sendiri umumnya dipelihara oleh pecinta burung dan banyak dijual di pasar burung dengan sebutan macaw biru kuning. burung ini juga bukanlah burung yang suka berkicau karena ia merupakan jenis dari burung hias yang memiliki keindahan warna bulunya.

Selain itu, burung macaw ini menjadi salah satu hewan yang cukup cerdas dimana ia dapat mengenali siapa pemiliknya, bisa terbang bebas serta melakukan atraksi. Burung ini merupakan pemakan biji- bijian dan bisa memecahkan jenis bijinya yang mana memiliki cangkang yang keras dengan paruh yang bengkok.

Leopard gecko

leopard gecko

Untuk yang selanjutnya adalah leopard gecko yang mana hewan ini merupakan reptil dan tergolong kedalam reptile hias, itulah sebabnya banyak sekali orang yang berminat memelihara leopard gecko tersebut. Masyarakat lebih mengenal leopard gecko dengan sebutan tokek Pakistan maupun tokek macam tutul.

Dan hal ini berdasarkan dengan bentuk serta motif yang sangat menawan pada gecko. Hewan ini asalnya dari Negara Pakistan, Iran dan juga India, gecko ini juga melakukan aktivitas di malam hari karena ia merupakan hewan nokturnal.

Jika Anda berniat memeliharanya maka untuk perawatannya memang tergolong sangat mudah karena hanya dengan memakai kandang yang terbuat dari toples bekas wadah makanan dengan ukuran 90 x 45 x 45cm yang sudah di lubangi sebagai sirkulasi udara.

Selain itu, Anda juga perlu untuk menyiapkan tempat yang sedikit lebih lembab yang ada di pojok kandang untuk bisa menjadi tempat ia mengganti kulit. menu makanan utama untuk gecko ini merupakan serangga dan yang paling mudah di peroleh merupakan jangkrik.

Untuk gecko dewasa akan membutuhkan sekitar 20 jangkrik untuk 2 sampai 3 hari dan sedangkan jangkrik yang masih bayi memerlukan 3 jangkrik dalam satu hari. Untuk memberikan pakan yang bergizi, maka sebelum memberikan jangkrik bisa memberikan makan dengan sayuran.

Bearded dragon

bearded dragon
miror.co.uk

Hewan peliharaan yang berikutnya ini adalah salah satu hewan purba yang sangat mudah untuk di pelihara. Reptil yang satu ini adalah hewan yang berasal dari Negara Australia dimana tubuhnya sangat mirip dengan iguana. Mengapa diberi nama bearded dragon?,

karena memang memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan nama yang mempunyai jenggot. Bearded dragon biasanya dapat bertahan hidup kurang lebih selama 8 tahun. Hewan ini juga memiliki kebiasaan unik yakni suka berjemur di atas batu.

Hewan yang satu ini mempunyai habitat asli di daerah yang kering serta bebatuan seperti halnya hutan yang terbuka dan juga daerah gurun pasir. Pada saat Anda memeliharanya maka sesuaikan kandang dengan habitat aslinya, lebih baik Anda memakai lampu pijar untuk bisa menjaga suhu kandang tetap panas.

Anda juga dapat memberikan makanan jenis apapun untuk bearded dragon karena hewan ini termasuk kedalam omnivora yang dapat memakan serangga, sayuran, bunga, buah dan lain sebagainya. Hewan ini juga sangat suka untuk bersosialisasi seperti bermain main, dan sesekali diajakin untuk keluar sehingga dapat berjemur di bawah matahari.

Umang-umang atau hermit crab

umang umang atau hermit crab
jempolkaki.com

Umang- umang yang sering disebut dengan keong. Tak dapat di pungkiri jika keong merupakan hewan yang cukup terkenal sehingga banyak orang yang serius memelihara keong tersebut. Untuk habitat asli dari umang-umang ini adalah pantai, dimana pada saat siang hari akan kerap untuk bersembunyi dan melakukan aktivitasnya di malam hari.

Untuk dapat memeliharanya pastinya kita perlu untuk membuat sebuah kandang yang menyerupai habitat aslinya sehingga umang- umang ini dapat betanah tinggal dan memiliki umur panjang.Untuk makanannya sendiri dapat diberikan wortel, ape, sawi, pisang, kacang, ikan dan lain sebagainya karena memang dasarnya umang- umang ini merupakan pemakan segala.

Sedangkan minumannya Anda perlu untuk menyiapkan air tawar serta air asin. Jangan sampai lupa untuk menyediakan rumah atau cangkang karena ia ini akan lebih sering memakai cangkang dari keong yang telah mati. Cangkangnya adalah baju, jika ia semakin besar maka perlu untuk mengganti cangkang yang jauh lebih besar.

Kura- kura air

kura kura air
jempolkaki.com

Kura- kura air adalah salah satu binatang yang cukup pemurung namun banyak yang menyukainya. untuk kura- kura air ini memiliki bahasa latin yakni Trapine caroline. Hewan ini memang cukup banyak di minati sebagai hewan peliharaan. Hewan ini memang memiliki bentuk yang lucu dimana hampir ada pada semua perairan dunia, dari daerah yang subtropis maupun tropis baik dari air tawar dan juga air asing.

Yang menjadikan banyak orang tertarik untuk memelihara kura- kura air ini adalah karena hewan ini memiliki kesan hewan purba, memiliki penampilan yang lucu dan juga unik dan cangkangnya yang indah. Untuk cangkang inilah yang menjadi faktor utama dari ketertarikan kebanyakan orang untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Tren dari memelihara kura- kura air memang cukup meningkat di beberapa kota Indonesia, bahkan di Negara Eropa maupun Amerika sendiri sudah banyak sekali hewan yang memiliki hewan ini sebagai peliharaan.

Sigung

sigung
jempolkaki.com

Sigung ini jika sepintas memang mirip dengan mamalia seperti musang namun memiliki bulu yang sangat indah. Hewan sigung ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan bau yang tidak sedap untuk melakukan pertahanan diri.

Sebelum mengeluarkan bau yang tidak sedap, binatang cantik ini akan memberikan peringatan kepada musuh dengan menundukkan kepala serta mengangkat ekor. Apabila ada predator yang masih tetap nekat maka sigung ini akan langsung mengeluarkan bau yang tidak sedap

Sigung ini merupakan binatang yang ada di Indonesia yang mempunyai moncong panjang dan juga memiliki bulu yang sangat lebat dan panjang, dengan memiliki warna yang di dominasi dengan hitam maupun coklat tua serta belang putih.

Dapat dikatakan jika sigung ini merupakan binatang yang sangat tidak bisa menahan lapar dan bisa mengalami stress jika kelaparan. Untuk masalah kandangya, Anda dapat menyamakan dengan kandang kucing yang mana diberikan sebuah kain untuk dijadikan alas.

Makanan yang biasanya di berikan adalah sereal, sayur, buah, kacang tanah, daging ayam, nasi merah, pelet ikan, dan juga keju yang bisa di lakukan 3 hingga 5 hari sekali.

Fennec fox

fennec fox
jempolkaki.com

Hewan yang satu ini adalah hewan yang cukup lucu dan juga hiperaktif dan hewan ini adalah rubah yang terkecil dari rubah yang lainnya. Hewan ini memiliki panjang sekitar 35 sampai 42 cm. Untuk di Negara Indonesia sendiri memang belum banyak yang memelihara hewan ini.

Jika sekilas kita melihat tampilan fennec fox maka akan sangat mirip dengan anjing cihuahua yang modern. Keduanya ini memang sama- sama memiliki habitat di gurun. Rubah ini memiliki bulu dengan warna krem terang yang sangat berguna untuk kamuflase daru predator.

Kelebihan dari hewan ini adalah pada telinganya, karena telinganya ini dapat menjangkau suara dengan jarak yang sangat jauh yakni 20 mil dalam kedalamam yang lebih dari 10 kaki. Hal ini disebabkan, bentuk dari telinga fennec fox ini memanjang.

Pada saat berlari hewan ini bisa mencapai 20 mph dengan kaki mereka yang cukup ramping. Sedangkan untuk makanan dari fennec fox ini adalah buah, tanaman, reptil kecil, tikus dan juga serangga. Semua makanan tersebut juga bisa di campur. Selain itu, rubah ini dapat dibiarkan untuk bermain bebas diluar karena ia hafal dengan jalan pulang.

Hewan marmut

hewan marmut
pixabay.com

Untuk yang selanjutnya adalah hewan marmut dimana hewan ini merupakan hewan yang sangat menggemaskan. Marmut ini merupakan salah satu jenis dari binatang pengerat yang mana habitat aslinya ada di daerah pegunungan maupun di dataran tinggi.

Banyak sekali masyarakat yang memelihara marmut karena ia merupakan hewan menggemaskan. Tidak sedikit juga orang yang membudidayakan marmut ini, sebab lebih dinilai mudah pada perawatannya dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Marmut ini memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan hamster namun ukuran tubuhnya lebih besar dari hamster. Untuk bulu dari marmut memang halus dan memiliki warna yang bervariasi seperti coklat tua, hitam, coklat muda, putih dan masih banyak lagi.

harga dari hewan lucu ini memang cukup bervariasi karena di lihat dulu seberapa besar ukurannya. Sangat dianjurkan untuk memelihara sepasang yakni 1 jantan dan 1 betina, dengan melakukan hal tersebut maka bisa membuat marmut pun tidak stress karena memiliki  teman sehingga mampu berkembang biak dengan baik.

Untuk makanan dari marmut sendiri memang khusus jadi haru membeli makanan tersebut pada toko makanan hewan. Atau jika memang Anda tidak ingin membeli makanan khusus di toko maka bisa memberikan makanan seperti sayuran dan juga buah, yang penting makanan tetap bergizi.

Nah, itulah sekilas info yang dapat disampaikan kepada Anda mengenai hewan peliharaan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda untuk menemukan hewan peliharaan yang cocok dengan Anda.

Leave a Comment